Untuk Aul & Nanad

Aul Nanad

Beberapa bulan yang lalu, Aul , seorang teman yang saya kenal sejak kuliah, minta tolong untuk dibuatkan gambar di atas kanvas. Acuan gambarnya adalah sebuah hasil scan foto dari mesin photobox. Gambar ini tentunya direncanakan untuk diberikan kepada orang yang ada di foto tersebut, yaitu Nanad, pacarnya yang saat itu akan berulang tahun.

Selalu ada rasa haru setiap kali saya membuat karya untuk pasangan, baik itu berupa hadiah dari orang lain untuk pernikahan maupun hadiah di antara pasangan itu sendiri–seperti yang ini. Pertama, tentu saya terharu karena ada yang percaya sama hasil karya saya untuk diberikan pada orang lain. Kedua, saya terharu karena–secara tidak langsung–saya jadi bisa mencermati perasaan di antara dua orang yang saya gambar.

Memang nggak semua pasangan yang sudah saya gambar masih bersama sampai saat ini, tapi ketika saya diminta meng-capture momen di antara mereka… Saya tidak bisa melihat hal lain di antara mereka selain kasih sayang.

Sekarang ini dunia memang terlihat dipenuhi hal-hal negatif–korupsi, perselingkuhan, penipuan, dan banyak lagi. Jadi mudah untuk meyakini bahwa yang namanya hidden agenda itu selalu ada. Tulus dan tanpa pamrih hanya mengingatkan kita pada pendidikan moral dan nama penyanyi yang dulunya dipanggil ‘Gajah’ oleh teman-temannya.

Di dunia yang seperti ini, kadang-kadang menyaksikan adanya kasih sayang antara dua manusia–seperti dari Aul untuk Nanad ini–sudah cukup untuk menumbuhkan kembali rasa percaya akan adanya kebaikan di dunia.

Kadang.

*Gambar diambil dari foto dengan kamera seadanya, harap maklum.

Leave a Reply