Memilih Hijab untuk Berolah Raga

Selain menjadi bagian permanen dari cara saya berpakaian sejak satu bulan yang lalu, keputusan saya untuk berhijab juga menjadi topik yang membuka pembicaraan antara saya dengan beberapa teman yang sudah lama tidak bertemu. Perbincangan ini biasanya diawali dengan ucapan selamat dan doa atas perubahan penampilan saya, lalu dilanjutkan dengan pertanyaan. Selain alasan di balik keputusan saya untuk berhijab, satu pertanyaan yang banyak muncul juga adalah: “Terus kalo olah raga gimana dong, Syn?”

Saya memang cukup beruntung karena mengenal beberapa teman di G10 Runners [link] yang juga berhijab dan–tentunya–gemar berolah raga. Karena sudah lama menyaksikan bagaimana hijab tidak menghalangi mereka untuk rutin berolah raga di dalam maupun luar ruangan, saya tidak banyak mengkhawatirkan aspek yang satu ini ketika memutuskan untuk berhijab. Di minggu pertama berhijab, saya menyiapkan ‘perbekalan’ 3 buah bergo yang saya beli sekaligus dengan harga sangat murah. Sengaja saya memilih bergo yang terbuat dari bahan polyester untuk menghindari rasa lembab ataupun ‘berat’ pada kepala yang sudah berkeringat. Bergo murah meriah ini cukup membantu saya beradaptasi dengan aktivitas berolah raga sambil berhijab, sambil tetap mencari alternatif produk lain yang–mungkin saja–lebih memadai.

Tidak butuh waktu lama sampai akhirnya saya dipertemukan dengan Gerak+ [link] dan Capsters [link]. Pada dua brand ini, saya menemukan beberapa alternatif hijab yang memang didesain khusus untuk berolah raga–mulai dari pemilihan bahannya, penerapan cutting-nya, bahkan penambahan fitur-fitur yang sangat memperhatikan kebutuhan pengguna hijab saat berolah raga.

Beruntung, ketika saya menyampaikan ketertarikan untuk mengulas produk mereka di blog ini, saya menerima tanggapan yang sangat ramah. So, without further ado, saya akan menceritakan pengalaman saya berolah raga dengan produk-produk dari Gerak+ dan Capsters.

Seluruh pendapat yang saya tuliskan adalah murni berdasarkan pengalaman saya menggunakan produk-produk ini dalam rutinitas olah raga saya sehari-hari, yaitu: lari/jogging, yoga, bersepeda untuk keperluan transportasi, dan circuit training. Perlu diperhatikan bahwa meskipun saya berusaha sebaik mungkin untuk objektif, pada akhirnya kenyamanan penggunaan produk untuk setiap orang dapat bervariasi.


Gerak+ Pro 02 [link]

Ketika melihat katalog produk Gerak+, produk ini adalah produk pertama yang mencuri perhatian saya. Selain karena warna produk yang di-featured cukup mencolok, saya sangat tertarik dengan banyaknya fitur-fitur yang membuatnya berbeda dari hijab pada umumnya. Berdasarkan asumsi saat melihatnya pertama kali, saya merasa bahwa fitur-fitur ini akan sangat bermanfaat dan menambah rasa nyaman ketika berolah raga.
Beberapa fitur khas yang bisa ditemukan pada produk ini antara lain:

  1. Visor;
  2. Adjustable internal drawcord berbahan elastis di bagian sisi rahang;
  3. Zipper;
  4. Adjustable (and removable) strap di bagian sisi kanan dan kiri tubuh; dan
  5. Nylon spandex headband.

 

Yang menjadi favorit saya di produk ini adalah keberadaan strap di sisi kanan dan kiri yang membuat produk ini tidak mudah bergeser saat digunakan. Saya pribadi memang lebih memilih menyelipkan hijab ke dalam pakaian lewat kerah leher ketika berolah raga dengan alasan kenyamanan, dan adanya strap pada Gerak+ Pro 02 ini sangat membuat penggunaan demikian menjadi nyaman karena hijab terjaga tetap rapi di dalam baju. Meskipun begitu, produk ini juga bisa diulurkan keluar untuk menutupi dada. Untuk penggunaan di luar baju seperti ini, keberadaan strap tetap membuat nyaman karena hijab jadi tidak mudah tersingkap saat tertiup angin, berlari, atau melompat.

Di kepala saya–yang memang ukurannya relatif kecil–produk ini agak longgar ketika digunakan, jadi mau tidak mau saya harus menggunakan inner. Untungnya, produk ini sudah dilengkapi dengan headband lebar terpisah yang terbuat dari bahan nylon spandex, sehingga saya tidak perlu menggunakan ciput lain. Headband ini terbuat dari bahan yang agak licin, tapi karena ukurannya lebar, jadi masih nyaman ketika saya gunakan.

Dengan adanya visor yang menutupi dahi sampai di samping kedua mata, desain Gerak+ Pro 02 ini sangat nyaman untuk digunakan di luar ruangan karena dapat melindungi mata dari silaunya matahari. Tapi sayangnya, visor ini justru agak membahayakan ketika saya gunakan untuk bersepeda karena mengurangi jarak pandang saya. Pandangan yang sedikit terhalang oleh visor membuat saya agak kesulitan ketika harus mengecek pengguna jalan yang ada di belakang saat saya mau berbelok.

Hal lain yang agak saya sayangkan adalah pemilihan bahannya. Meskipun terbuat dari bahan polyester yang nyaman digunakan saat berolah raga, saran saya, Gerak+ Pro 02 ini sebaiknya langsung dilepas setelah selesai berolah raga karena material produk ini menghasilkan aroma yang kurang sedap setelah terkena keringat.

+/-

+ Fitur adjustable internal drawcord

+Removable straps yang membuat hijab tidak mudah bergeser atau tergulung

Visor yang mengurangi jarak pandang

– Material/bahan yang mengeluarkan aroma jika terkena keringat

Kenyamanan saat digunakan berolah raga

Yoga: 5/5

Lari: 4/5

Sepeda: 4/5

Circuit training: 3/5


Capsters Runner [link]


Produk yang sudah banyak digunakan oleh para atlet internasional yang berhijab ini sekilas terlihat seperti bergo atau ciput biasa yang dipercantik dengan aksen berupa garis menyilang di bagian belakang kepala. Capsters Runner ini baru terlihat agak berbeda ketika dikenakan, karena menghasilkan siluet bentuk kepala dan wajah yang khas.

Yang saya kagumi dari Capsters Runner adalah bagaimana produk yang terlihat sederhana ini dapat memberikan kenyamanan yang luar biasa saat dikenakan. Bukaan yang disediakan untuk wajah sepertinya sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan, namun tidak terasa ‘menggencet’ wajah. Bahkan aksen berupa garis menyilang yang pada awalnya saya kira hanya merupakan elemen estetis ternyata memiliki fungsi untuk menjaga kunciran rambut agar tetap pada tempatnya selama saya berolah raga. Satu lagi yang sangat saya sukai dari produk ini adalah saya tidak memerlukan inner saat menggunakannya–bahkan ketika berlari sekalipun.

Meskipun demikian, karena ukurannya yang pendek dan tidak menutupi dada, saya merasa cara terbaik untuk mengenakan Capsters Runner adalah dengan diselipkan ke dalam kerah baju. Terutama saat digunakan untuk beryoga–untuk menghindarinya tersingkap pada asana-asana inversion. Untuk beberapa orang yang tidak biasa dengan cara pemakaian hijab seperti ini, mungkin akan terasa kurang nyaman karena menambah sensasi panas yang dirasakan ketika berolah raga. Tapi karena produk ini terbuat dari material yang breathable dan nyaman, saya tidak merasa terlalu gerah saat menggunakannya dengan cara tersebut.

+/-

+ Tidak perlu menggunakan inner atau ciput

Cutting sangat nyaman untuk wajah maupun kunciran rambut

– Pendek, sehingga harus diselipkan ke dalam kerah baju untuk menghindari tersingkap

– Terasa kurang nyaman di bagian dahi saat digunakan dalam waktu lama

Kenyamanan saat digunakan berolah raga

Yoga: 4/5 (sebaiknya diselipkan ke dalam kerah baju)

Lari: 4/5

Sepeda: 5/5

Circuit training: 4/5 (sebaiknya diselipkan ke dalam kerah baju)


Review Gerak+ Sports Hijab Pro 01 dan Capsters Runner XL [halaman selanjutnya]

Pages: 1 2

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. MarQ

    Udah cukup lama ngincer hijab gerak+ dan baru kali ini nemu review kece lengkap gini.

    Buat Synta yang memang berolahraga setiap hari cucok ya..jadi investasi.

    Thanks, Synta buat tulisannya..bisa jadi pertimbangan sebelum beli buat futsalan lagi suatu hari nanti. 😀

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. nihlafuadah

    Keren mba.. akan aku cari deh fitur yg begitu. Nyaman bngt keliatannya. Buat aku yg baru hobby olahraga sebataslari aja dgn hijab yg biasanya panjang kayaknya wajib dicoba tuh!

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  3. sarah

    wah keren.. selama saya olahraga diluar, saya cuma pake jilbab seadanya aja
    ga tau ternyata ada jilbab untuk olahraga yah..
    btw, blog teh synta menginspirasi.. saya juga seneng olahraga, tapi hanya sebatas jogging sama renang aja
    bagi saya olahraga bukan cuma nyehatin atau ngurusin badan doang, tapi bisa ngilangin stres juga 🙂

    1. Post
      Author

Leave a Reply