Memilih Hijab untuk Berolah Raga

Gerak+ Sports Hijab Pro 01 (Short) [link]


Tidak hanya terbuat dari bahan yang nyaman dan dilengkapi reflektif, Gerak+ Sports Hijab Pro 01 ini juga memiliki cutting yang sangat nyaman untuk dikenakan di kepala saya. Selain itu, panjang produk menurut saya juga pas–tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Dalam artian, produk ini memberi coverage cukup di daerah dada tanpa membuat produk ini ‘terbang-terbang’ ketika digunakan saat berlari.

Sayangnya, karena karakter helaian rambut saya yang relatif licin dan potongan rambut yang masih berponi, saya mengalami kesulitan untuk menjaga rambut saya tetap ‘diam’ di dalam hijab saat menggunakan produk ini. Alhasil, untuk saya pribadi, penggunaan Gerak+ Sports Hijab Pro 01 harus selalu dibarengi dengan inner yang berbahan kaos atau rajut.

Tapi poin yang paling saya sukai dari produk ini adalah cutting-nya yang relatif netral. Cutting netral ini membuat Gerak+ Sports Hijab Pro 01 terlihat wajar untuk digunakan sehari-hari. Tentu saja ini sangat memudahkan untuk saya yang terkadang harus langsung menuju tempat lain setelah berolah raga atau mengajar yoga, karena saya jadi tidak perlu repot berganti hijab.

Produk ini juga tersedia dalam varian ukuran long yang lebih menutup dada [link].

+/-

Cutting yang netral, sehingga dapat digunakan untuk sehari-hari

+ Ukuran panjang produk yang nyaman

– Harus dibarengi dengan penggunaan inner/ciput

Kenyamanan saat digunakan berolah raga

Yoga: 4/5 (sebaiknya diselipkan ke dalam kerah baju)

Lari: 4/5

Sepeda: 5/5

Circuit training: 4/5 (sebaiknya diselipkan ke dalam kerah baju)


Capsters Runner XL [link]


Produk ini adalah varian dari Capsters Runner yang memberi coverage lebih baik di bagian dada. Ukuran, aksen, dan bahan yang digunakan pada kedua produk ini sama persis. Hanya saja, Capsters Runner XL memiliki ukuran yang lebih panjang–baik di bagian dada maupun di bagian punggung. Tidak hanya lebih menutup aurat, ukuran yang lebih panjang ini juga membuat Capsters Runner XL lebih nyaman untuk digunakan dalam olah raga yang high impact dan menghentak seperti berlari atau circuit training yang disertai banyak gerakan plyometrics–karena lebih kecil kemungkinannya untuk tersingkap.

Kedua varian produk Capsters Runner–menurut saya–sangat nyaman untuk digunakan berolah raga. Namun sayangnya, untuk penggunaan dalam waktu lama, saya merasakan kekurangnyamanan di daerah dahi–mungkin karena terlalu tertutup. Karena alasan inilah, saya kurang menganjurkan penggunaan kedua varian Capsters Runner untuk aktivitas sehari-hari.

+/-

+ Nyaman meskipun tanpa menggunakan inner atau ciput

Cutting sangat nyaman untuk wajah maupun kunciran rambut

– Terasa kurang nyaman di bagian dahi saat digunakan dalam waktu lama

Kenyamanan saat digunakan berolah raga

Yoga: 4/5 (sebaiknya diselipkan ke dalam kerah baju)

Lari: 5/5

Sepeda: 5/5

Circuit training: 5/5


Berhijab dan berolah raga memang sama-sama identik dengan ‘panas’ dan ‘keringat’. Karena itulah saya merasa memilih hijab yang tepat cukup penting, supaya faktor gerah ini tidak mengganggu komitmen saya untuk menjalani keduanya. Alhamdulillah, ketika menggunakan keempat produk ini, saya tidak merasa rutinitas olah raga saya menjadi terganggu. Malah kadang saya merasa lebih nyaman karena tidak harus bolak-balik merapikan rambut 😀

Mudah-mudahan review dan cerita pengalaman saya dengan keempat produk tadi bisa bermanfaat, ya, untuk siapa saja yang sedang membutuhkan.

Namasté 🙂

1minggu1 cerita

Pages: 1 2

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. MarQ

    Udah cukup lama ngincer hijab gerak+ dan baru kali ini nemu review kece lengkap gini.

    Buat Synta yang memang berolahraga setiap hari cucok ya..jadi investasi.

    Thanks, Synta buat tulisannya..bisa jadi pertimbangan sebelum beli buat futsalan lagi suatu hari nanti. 😀

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. nihlafuadah

    Keren mba.. akan aku cari deh fitur yg begitu. Nyaman bngt keliatannya. Buat aku yg baru hobby olahraga sebataslari aja dgn hijab yg biasanya panjang kayaknya wajib dicoba tuh!

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  3. sarah

    wah keren.. selama saya olahraga diluar, saya cuma pake jilbab seadanya aja
    ga tau ternyata ada jilbab untuk olahraga yah..
    btw, blog teh synta menginspirasi.. saya juga seneng olahraga, tapi hanya sebatas jogging sama renang aja
    bagi saya olahraga bukan cuma nyehatin atau ngurusin badan doang, tapi bisa ngilangin stres juga 🙂

    1. Post
      Author
  4. zefy

    Ini milih jilbab yang cocok untuk olahraga penting sekali ini. Kaemaren-kemaren karena salah jilbab, sewaktu olahraga jilbabnya kemana-mana, kebuka-buka dna jelas ini membuat ga nyaman. makasih infonya mbak

    1. Post
      Author

Leave a Reply